Idealis..

Seringkali kita yang muda-muda berfikir dan bertindak terlalu idealis. Berkenalan dengan berbagai ideologi dan pemikiran membuat diri kita merasa telah mendapat pencerahan. Memandang rendah setiap fenomena yang terjadi, mencaci jalannya roda kehidupan, dan bertindak berlebihan dalam menanggapinya.

Idealis merupakan suatu kata yang sangat digemari oleh kalangan muda. Tanda bahwa mereka merupakan orang-orang berfikir yang selalu belajar mengenai tata kehidupan yang lebih baik. Mereka cepat tanggap atas segala persoalan yang menimpa masyarakat. Analisis mereka sangat tajam dalam menelanjangi kebobrokan sistem.

Ya.. manusia-manusia muda, pintar, dan penuh gelora. Suatu energi besar luar biasa yang harus segera mendapat penyaluran. Kekuatan pemuda, lebih besar dan berbahaya dari pada kekuatan berbagai jenis senjata mematikan manapun.

Idealis dalam berfikir merupakan suatu keharusan, namun dalam bertindak?

Rasa dan empati hendaknya didahulukan. Segala bentuk yang ideal hanya ada dalam fikiran, dan apabila telah menyentuh ranah realita maka berbeda keadaannya. Namun tidak demikian dengan kebanyakan para idealis, yang hanya memandang dari atas menara gading.

Maka timbullah bentrokan, bentrokan antara pembuat kebijakan dengan pengkritis kebijakan. Well, begitulah yang selalu kita lihat di televisi. Apakah itu bentrokan fisik ataupun bentrokan pemikiran.

Idealis, saya suka kata itu..

Realistis, saya lebih suka..

Bagaimana kalau kedua kata itu kita jadikan panduan..?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s